Sejarah, Visi, Misi

SEJARAH, VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN NILAI PROGRAM STUDI
Sejarah

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya Mojokerto berdiri tahun 1979 dengan nama UNSURI Mojokerto, yang merupakan afiliasi dari UNSURI Surabaya, dengan fakultas: 1. Fakultas Tarbiyah; 2. Fakultas Teknik Sipil; 3. Fakultas Teknik Mesin; 4. Fakultas Ilmu Sosial Politik; 5. Fakultas Ekonomi. Besarnya animo masyarakat dan keinginan tokoh Mojokerto mempunyai Lembaga Pendidikan Tinggi yang mandiri, maka Tahun 1980 didirikan UNIVERSITAS RADEN WIJAYA MOJOKERTO (UNIJAYA) Dengan Fakultas dengan fakultas: 1. Fakultas Tarbiyah; 2. Fakultas Teknik Sipil; 3. Fakultas Teknik Mesin; 4. Fakultas Ilmu Sosial Politik; 5. Fakultas Ekonomi.
Untuk Fakultas Tarbiyah mendapatkan legalitas berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor: KEP/E.III/215/82 tentang Pendaftaran Fakultas Tarbiyah Universitas Raden Wijaya di Mojokerto tertanggal: 13 Juli 1982, dengan Program Sarjana Muda di bawah Naungan Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Wilayah IV Surabaya. Mengingat menurunnya animo masyarakat tentang Universitas Raden Wijaya, Tahun 1989 terjadi Restrukturisasi PTS/PTAIS Turun Status Baru: Fakultas Tarbiyah Universitas Raden Wijaya berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya Jurursan Pendidikan Agama Islam, jenjang (program) Sarjana Strata Satu (S1) dengan status terdaftar berlaku 5 tahun dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 1989 tertanggal 11 Maret 1989.


Motto, Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Nilai

Motto:

Ad integram educationem ut excellentia (Bahasa Yunani)
Toward excellence as integrated education (Bahasa Inggris)
Menuju Keunggulan pendidikan terpadu (Bahasa Indonesia)
Visi Institusi:
Menjadi basis inovasi pendidikan Islam terpadu
Misi Institusi:
1.   Sebagai perguruan tinggi profesional basis pengembangan pendidikan Islam terpadu, relevan dengan dinamika masyarakat dan keilmuan berlandasan Pancasila dan UUD 1945.
2.   Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian bidang Pendidikan Islam dalam memecahkan masalah pendidikan yang dihadapi masyarakat secara terpadu.
3.   Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada kegiatan aplikatif dari pendidikan dan penelitian secara terpadu untuk berkontribusi dalam memecahkan masalah Pendidikan terkini.
Visi Program Studi Pendidikan Agama Islam:
Terberdayakannya intelektual muslim yang dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui pendidikan Agama Islam terpadu.
Misi Program Studi Pendidikan Agama Islam:
1.   Menghasilkan lulusan Sarjana Pendidikan Agama Islam yang memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global.
2.   Menghasilkan lulusan Sarjana Pendidikan Agama Islam yang mampu memadukan kepribadian menjadi manusia Indonesia yang Islamis dan Nasionalis berlandasan Pancasila dan UUD 1945.
3.   Menghasilkan lulusan Sarjana Pendidikan Agama Islam yang mampu mengabdi kepada masyarakat secara aplikatif dari pendidikan dan penelitian sesuai dengan bidang keilmuannya.
Tujuan:
1.   Menyelenggarakan Pendidikan dengan mengusahakan agar pengaruh pendidikan Islam dapat meluas dan merata dalam kehidupan dunia pendidikan khususnya dan kehidupan orang seorang, masyarakat, bangsa, dan negara pada umumnya.
2.   Mempersiapkan teknokrat yang cakap dan mampu serta penuh dedikasi sehingga dapat menjadi pelopor pembangunan serta bertaqwa kepada Allah Subhanahu wataala.

Sasaran:
1.   Agar mahasiswa memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global.
2.   Agar mahasiswa memiliki moral agama yang kokoh sebagai bekal dalam mengabdikan diri kepada masyarakat
3.   Agar mahasiswa memiliki kualitas hidup bermasyarakat yang lebih baik.
Nilai:
1.   Al-ikha (persaudaraan) merupakan salah satu asas utama dalam setiap kebijakan sivitas akademika.
2.   Al Musyawah (persamaan), hal senantiasa ditanamkan adalah komponen sivitas akademika mempunyai kedudukan yang sama, diciptakan dari keturunan yang sama, mempunyai hak azasi dan kemerdekaan yang sama.
3.   Al – Tasammuh (toleransi) sivitas akademika siap ditanamkan untuk bisa hidup berdampingan dengan komunitas yang berlainan pendapat, prinsip dan kebebasan.
4.   Al-tasyawur (musyawarah) (surat Ali Imran ayat 159, al-Syura ayat 38), musyawarah mempunyai status yang tinggi dan terhormat dalam sivitas akademika, dalam sistim permusyawaratan tidak memandang pendapat tersebut dari siapa.  
5. Al-taawwun (tolong menolong) (al-Ma'idah:25) sivitas akademika mengedepankan tolong menolong dalam mengembangkan program studi.



Statuta Lama : cover isi Penjelasan Panduan Pembuatan Statuta  Draft Statuta Baru Renstra 2009-2014 RIP STIT 1989 - 2014   Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi :    
Dalam rangka meningkatkan mutu komprehensif penyelenggaraan program untuk menghasilkan keluaran yang bermutu tinggi, sesuai dengan bidang ilmu Pendidikan Agama Islam. Maka visi, misi, tujuan dan sasaran program studi yang telah dirumuskan, perlu dievaluasi berdasarkan sembilan dimensi (Kelayakan (appropriateness)Kecukupan (adequacy)Relevansi/kesesuaian (relevancy)Suasana akademik (academic atmosphere)Efisiensi (efficiency)Keberlanjutan (sustainability)Selektivitas (selectivity)Pembelajarantivitas (productivity), dan Efektivitas (effectiveness) dalam rangka mewujudkan prinsip RAISE++ (Relevance, Academic Atmosphere, Institutional Commitment, Sustainability, Efficiency, Leadership, and Equity).

Masukan dari alumni,[1] praktisi, organisasi profesi (khususnya KKG PAI)[2] Kota Mojokerto dan stakeholder lain, termasuk mahasiswa[3], dosen dan tenaga kependidikan[4], dalam berbagai pertemuan/seminar maupun umpan balik/kuesioner mendorong manajemen/para pimpinan untuk merumuskan kembali visi STIT Raden Wijaya dan Program Studi PAI menjadi lebih sesuai dengan perkembangan jaman dan memenuhi keinginan masyarakat.

Adapun mekanisme tersebut adalah :

a.    Ketua Prodi bersama tim mengevaluasi visi, misi, tujuan dan sasaran program studi berikut jabarannya kedalam seluruh kegiatan tri dharma perguruan tinggi berdasarkan pengamatan secara riil di pada sektor intern dan ekstern termasuk dari hasil wawancara yang tidak terprogram kepada segenap komponen sivitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya Mojokerto dan segenap stakeholder pemangku kepentingan Pendidikan Agama Islam di Kabupaten maupun Kota Mojokerto, serta membuat draft evaluasi visi, misi, tujuan dan sasaran program studi berikut jabarannya termasuk evaluasi kurikulum.


b.    Ketua Prodi mengadakan workshop dengan topik “Perbaikan Kurikulum Program Studi sebagai upaya menyiapkan guru pendidikan agama Islam dengan kompetensi siap menghadapi persaingan global”[5]

Pihak-pihak yang dilibatkan dalam penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi :

a.    Pakar Kurikulum dari Kopertais Wilayah IV Surabaya[6]

b.    Pakar Kurikulum dari Berbagai PTN & PTS[7]

c.    Ketua Program Studi PAI dalam naungan Kopertais Wilayah IV[8]

d.    Wakil Kepala SMP, MTs, SMA, MA (urusan kurikulum) di Kabupaten dan Kota Mojokerto[9]
e.    Guru Pendidikan Agama Islam
f.     Dosen Prodi PAI STIT Raden Wijaya Mojokerto


[1] Laporan Tracer Studi Lulusan Kode berkas: 3.3.1.a.0
[2] Laporan Umpan balik Stakeholder Pengguna Lulusan Kode berkas: 3.3.1.c.0 [3] Laporan Umpan Balik Mahasiswa Kode berkas: 2.5.2.0.0 [4] Laporan Umpan Balik Dosen Kode berkas: 2.5.1.0.0 [5] Laporan hasil workshop kurikulum Kode berkas: 5.2.a.0.0 [6] Ibid [7] Ibid [8] Ibid [9] Ibid

Sosialisasi

Upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan dilakukan dengan upaya :
1.     Penempelan visi, misi dan tujuan program studi pada setiap cover maupun stopmap prodi
2.     Penajaman dan pembahasan ulang dalam setiap even rapat maupun pertemuan non formal antara ketua program studi dengan para staf (tanaga kependidikan), maupun kegiatan lain dalam lingkup sivitas akademik.

Visi, misi, sasaran dan tujuan tersebut telah dipahami dengan baik oleh seluruh sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) maupun tenaga kependidikan melalui upaya-upaya sosialisasi secara struktural, fungsional dan kekeluargaan.

Secara struktural, visi, misi dan tujuan dicantumkan dalam Surat Keputusan Ketua STIT Raden Wijaya[1] dan dikirimkan kepada seluruh pejabat struktural, dosen, tenaga kependidikan. Visi, misi, tujuan dan sasaran pendidikan juga tercantum dalam buku tahunan yang diberikan cuma-cuma kepada mahasiswa baru dan telah ditayangkan pada website STIT Raden Wijaya.

Visi, misi dan tujuan program studi yang tercakup di dalam Pedoman Mutu diterbitkan oleh Lembaga Jaminan Mutu (LJM) STIT Raden Wijaya dan didistribusikan kepada jajaran sivitas akademika STIT Raden Wijaya.

Pimpinan juga mengadakan pertemuan dengan ketua LJM untuk menentukan strategi agar sasaran mutu dapat dicapai. Pimpinan memfasilitasi program LJM untuk mencapai target mutu LJM.

Selain itu, media lain yang berperan dalam proses sosialisasi visi, misi dan tujuan adalah melalui penayangan informasi di website  STIT Raden Wijaya dengan alamat : http//:www.stitrw.com dan Blog Prodi: http//paistitradenwijaya.blogspot.com : Dengan tersedianya poin akses untuk internet pada masing-masing unit kerja mulai dari pimpinan, staf, dosen dan karyawan serta wifi zone (hotspot) yaitu penyediaan fasilitas layanan akses internet tanpa kabel (wireless) untuk mahasiswa yang ditempatkan di berbagai titik (access point) memudahkan bagi semua pihak di ruang lingkup program studi PAI STIT Raden Wijaya untuk mengakses situs tersebut dan meng-update informasi terkini tentang STIT Raden Wijaya.





[1] Sk Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya tentang visi, misi dan tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya.

No comments: