Penjamin Mutu

PENJAMIN MUTU PROGRAM STUDI

Sistem jaminan mutu internal ditempuh melalui penetapan kompetensi lulusan, kurikulum, tugas akhir, staf pengajar, sarana dan prasarana, pelayanan administrasi, laboratorium, perpustakaan yang bersinergi. Program studi bahkan STIT Raden Wijaya belum memiliki Unit/lembaga pengendali mutu yang berdiri sendiri. Pengelolaan mutu internal dilakukan melalui evaluasi PBM. Hasilnya dijadikan acuan perbaikan proses belajar mengajar dan perbaikan kinerja program studi.

Hasil evaluasi PBM berpengaruh pada peningkatan kinerja program studi, dan otomatis meningkatkan kinerja institusi. Mekanisme monitoring dan umpan balik dari mahasiswa[1] dan dosen sejawat dapat menjamin mutu perkuliahan yang efektif dan efisien.

Hasil kuisioner mahasiswa dan hasil umpan balik yang disalurkan melalui organisasi kemahasiswaan maupun melalui kotak saran menunjukkan adanya peningkatan pada mutu proses belajar mengajar.

Kegiatan monitoring/evaluasi PBM dilakukan melalui penyebaran angket kepada mahasiswa dan dosen sejawat pada akhir semester. Data angket tersebut diolah dan dianalisis, dan hasilnya digunakan untuk perbaikan kinerja dosen dalam proses mengajar dan kinerja program studi.

Dalam rangka mencapai pembelajarantivitas dan efektivitas kerja, ditekankan pengembangan dan pengkajian susunan organisasi dan tata kerja yang ada relevansinya dengan kebutuhan[2]. Pembelajarantivitas dan efektivitas kerja dievaluasi secara periodik.

Program studi melakukan konsolidasi internal untuk optimalisasi dan efektivitas pekerjaan untuk meningkatkan dan mengembangkan operasionalisasi institusi. Secara khusus program studi melakukan evaluasi kegiatan proses belajar mengajar pada setiap akhir semester.

Hasil evaluasi internal dimanfaatkan untuk perbaikan dan penyempurnaan dalam menyusun kinerja program studi. Hasil evaluasi eksternal, khususnya dari alumni dan pengguna lulusan juga dimanfaatkan untuk perbaikan kinerja program studi.

Masukan dari pengguna lulusan menjadi bahan pertimbangan dan kajian bagi program studi untuk terus meningkatkan mutu lulusan, sehingga kualitas lulusan sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia kerja.

Unit Penjaminan Mutu merupakan penanggung jawab/process owner. Pedoman prosedur yang telah ditetapkan. Harapan kedepan adalah jaminan tercapainya target mutu secara konsisten. melalui peningkatan hubungan dengan semua stakeholders dan praktisi serta alumni, dengan harapan dapat meningkatkan jumlah informasi (needs and change) dan derajad validasi jaminan mutu berdasarkan nilai-nilai external quality perception.






[1] FEEDBACK STUDY (kajian proses pembelajaran melalui umpan balik dari mahasiswa) Kode berkas: 2.5.2.0.0
[2] Statuta STIT Raden Wijaya 

=============================================

A. Visi-Misi-Tujuan-Sasaran
    Visi STIT Raden Wijaya: Sebagai basis inovasi pendidikan Islam yang mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui pendidikan yang komprehensif, dinamis, bermoral, profesional

    Visi SPM STIT Raden Wijaya: Terciptanya Sistem Penjaminan Mutu yang mampu membawa STIT Raden Wijaya sebagai basis inovasi pendidikan Islam yang mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui pendidikan yang komprehensif, dinamis, bermoral, profesional.

    Misi SPM STIT Raden Wijaya Mojokerto

    1. Menyusun standar dan rambu-rambu Sistem Penjaminan Mutu Internal STIT Raden Wijaya Mojokerto;
    1. Melakukan monitoring dan evaluasi internal (monevin) terhadap proses Pendidikan, Penelitian serta Pelayanan dan Pengabdian pada Masyarakat, termasuk program pengembangan akademik di STIT Raden Wijaya Mojokerto;
    1. Melakukan evaluasi dan audit internal terhadap mutu akademik secara bertahap dan berkelanjutan;
    1. Menghasilkan acuan / pedoman standar dan rambu-rambu SPMI STIT Raden Wijaya Mojokerto.
    1. Menetapkan peringkat / harkat mutu program studi di STIT Raden Wijaya Mojokerto secara berkala.
    1. Memberikan rekomendasi perbaikan terhadap proses Pendidikan, Penelitian, Pelayanan dan Pengabdian pada Masyarakat, serta program pengembangan akademik di STIT Raden Wijaya Mojokerto;
    1. Memberikan saran atau rekomendasi terhadap perbaikan dan peningkatan mutu akademik  
    1. Mendampingi persiapan program studi untuk akreditasi.
    1. Memberikan masukan terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan penjaminan mutu

    Tujuan SPM STIT Raden Wijaya Mojokerto
    Struktur Organisasi:



    deskripsi Tugas
    Ketua
    - Menetapkan kebijakan Satuan Penjaminan Mutu baik internal maupun eksternal
    Sekretaris
    - Melaksanakan dokumentasi kebijakan Satuam Penjaminan Mutu dan mengkoordinasikan masing-masing unit
    Unit akademik, sarana dan prasarana
    - Melaksanakan kegiatan Satuam Penjaminan Mutu bidang akademik, sarana dan prasarana
    Unit pengelola sistem informasi dan pengkajian-penerapan soft skill 
    - Melaksanakan kegiatan Satuam Penjaminan Mutu bidang sistem informasi dan pengkajian-penerapan soft skill
    Unit pengembangan SDM dan Pangkalan Data
    - Melaksanakan kegiatan Satuam Penjaminan Mutu bidang pengembangan SDM dan Pangkalan Data
    Unit pengelola alumni
    - Melaksanakan kegiatan Satuam Penjaminan Mutu bidang pengelola alumni


    Standar Mutu
    1. Standar isi
    2. Standar proses
    3. Standar kompetensi lulusan
    4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan
    5. Standar sarana dan prasarana
    6. Standar pengelolaan
    7. Standar pembiayaan
    8. Standar penilaian pendidikan

    [Manual Mutu] [Tata Kerja] [Tata Naskah] [Dokumen Instruksi Kerja] [Dokumen Standar Pelayanan] [Dokumen Standar Operasional Prosedur]

    No comments: